SIARAN PERS




Amman Mineral Raih 2 Penghargaan Tingkat Global
“Global CSR Summit & Good Governance Awards 2019”


Amman Mineral Raih 2 Penghargaan Tingkat Global “Global CSR Summit & Good Governance Awards 2019”

Keterangan Foto : Anita Avianty, Head of Corporate Communications Amman Mineral, saat menerima penghargaan “The 11th Asian Global CSR Summit and Good Governance Awards” (4/4) di Serawak, Malaysia, yang diserahkan oleh Dato Sri Hajjah Fatimah Abdullah, Menteri Kebajikan, Kesejahteraan Komuniti, Wanita, Keluarga dan Pembangunan Kanak-Kanak Malaysia, didampingi oleh Ketua Dewan Juri, DR Martin Blake.

Jakarta, 9 April 2019 - PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) meraih 2 penghargaan sekaligus dalam “The 11th Asian Global CSR Summit and Good Governance Awards, yaitu penghargaan Platinum untuk kategori “Best Corporate Communications & IR Category” dan penghargaan Silver untuk kategori “Best Enviromental Excellence Award” di Serawak, Malaysia, pada 4 April 2019 lalu. Penghargaan diserahkan oleh YB Dato Sri Hajjah Fatimah Abdullah, Menteri Kebajikan, Kesejahteraan Komuniti, Wanita, Keluarga dan Pembangunan Kanak-Kanak Malaysia. Global CSR Summit & Good Governance Awards merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Pinnacle Group International dan diikuti oleh 220 peserta dari berbagai bidang industri di seluruh dunia.

“Tentunya penghargaan ini menjadi penyemangat kami dalam melaksanakan komitmen-komitmen terbaik dan bertanggung jawab dalam melakukan aktivitas penambangan Batu Hijau yang dikelola dengan standar kelas dunia dan dukungan dari seluruh karyawan-karyawan kami,” jelas Rachmat Makkasau, Presiden Direktur Amman Mineral Nusa Tenggara.

Penghargaan Platinum kategori “Best Corporate Communications & IR” diberikan atas keberhasilan perusahaan dalam mengomunikasikan program internal “Bersatu Bisa” kepada seluruh karyawan dan mitra bisnis selama tahun 2018. Program Bersatu Bisa merupakan program internalisasi visi, misi, dan nilai-nilai inti perusahaan untuk seluruh karyawan dan mitra bisnis yang ada di dalam Amman Mineral. Dalam pelaksanaannya, aktivitas komunikasi juga dilakukan melalui berbagai program penciptaan nilai (value creation) di mana seluruh karyawan dan mitra bisnis dapat memberikan ide-ide dan melakukan inovasi untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi yang pada akhirnya dapat memberikan dampak positif terhadap kinerja bisnis di seluruh bidang operasi tambang Batu Hijau. Perusahaan juga memberikan penghargaan kepada karyawan yang terbukti mampu mewujudkan ide dari penciptaan nilai mereka dan memberikan hasil yang melampaui standar dari yang ditetapkan perusahaan.

“Program internal “Bersatu Bisa” kami inisisasi melalui sejumlah program yang menarik, sehingga para karyawan dan mitra bisnis Amman Mineral mampu menjadikan visi, misi, dan nilai-nilai inti perusahaan sebagai pedoman dalam berperilaku maupun bertindak sehari-hari dalam melakukan praktik-praktik penambangan yang bertanggung jawab di tambang Batu Hijau. Ini menjadi salah satu program yang dilakukan untuk mewujudkan visi Amman Mineral,” tambah Rachmat Makkasau.

Penghargaan Silver kategori “Best Enviromental Excellence Award” diberikan atas program-program pengelolaan lingkungan yang dilakukan Amman Mineral dalam mengelola tambang Batu Hijau, termasuk program reklamasi di area bekas tambang Batu Hijau. Program reklamasi dilakukan Amman Mineral bersamaan dengan proses penambangan, di mana saat ini perusahaan telah berhasil mereklamasi lahan bekas tambang seluas lebih dari 700 hektar dari 2.722,45 hektar lahan yang dibuka untuk area penambangan dan fasilitas pendukung tambang lainnya. Selain dinilai dari luas lahan yang telah direklamasi, jumlah, jenis pohon, maupun kerapatan pohon di area reklamasi, indikator keberhasilan reklamasi lahan tambang juga dilihat dari banyaknya satwa setempat yang mendiami area yang telah direklamasi ini, termasuk sejumlah burung yang masuk dalam kategori dilindungi ataupun punah.

*****

Tentang PT Amman Mineral Nusa Tenggara

Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) adalah perusahaan tambang Indonesia yang mengoperasikan tambang Batu Hijau. Amman Mineral memiliki beberapa prospek lain yang sangat menjanjikan di area konsesi tembaga dan emas yang terletak di Kabupaten Sumbawa Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Tambang Batu Hijau adalah tambang tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia dan merupakan aset berkelas dunia.

Pada Maret 2019, Amman Mineral Nusa Tenggara meraih penghargaan Emas untuk kategori Tanggung Jawab Sosial subkategori Community Development and Sustainability dalam ajang “Public Relations Indonesia Awards” 2019.

Amman Mineral juga meraih penghargaan PROPER Hijau sebanyak 7 kali dan Biru sebanyak 7 kali dari Kementerian Lingkungan Hidup dengan penilaian dalam program pengelolaan lingkungan dan tanggung jawab sosial.

Pada 30 November 2017, Amman Mineral pernah meraih predikat terbaik kategori “Praktik Terbaik dalam Distribusi Mineral” (The Best Practices in Mineral Distribution) dalam ajang penghargaan tambang bergengsi tingkat ASEAN yang diselenggarakan oleh Sekretariat ASEAN dalam rangkaian ASEAN Senior Officials Meeting on Minerals di Nay Pyi Taw, Myanmar.

*****