SIARAN PERS




27 Mei 2019

Amman Mineral dan Karyawan Berbagi Berkah Ramadhan

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) dan karyawan yang tergabung dalam Yayasan Muslim Batu Hijau (YMBH) serta Kumpulan Karyawan Wanita Pekerja Tambang atau Women in Mining Batu Hijau (WIMBH) mengisi bulan Ramadhan dengan melakukan kegiatan santunan berupa pemberian lebih dari 2300 paket lebaran bagi anak-anak dan masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Kecamatan Jereweh, Maluk, Sekongkang, dan Sumbawa.

Selengkapnya

9 April 2019

Amman Mineral Raih 2 Penghargaan Tingkat Global “Global CSR Summit & Good Governance Awards 2019”

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) meraih 2 penghargaan sekaligus dalam “The 11th Asian Global CSR Summit and Good Governance Awards, yaitu penghargaan Platinum untuk kategori “Best Corporate Communications & IR Category” dan penghargaan Silver untuk kategori “Best Enviromental Excellence Award” di Serawak, Malaysia, pada 4 April 2019 lalu. Penghargaan diserahkan oleh YB Dato Sri Hajjah Fatimah Abdullah, Menteri Kebajikan, Kesejahteraan Komuniti, Wanita, Keluarga dan Pembangunan Kanak-Kanak Malaysia. Global CSR Summit & Good Governance Awards merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Pinnacle Group International dan diikuti oleh 220 peserta dari berbagai bidang industri di seluruh dunia.

Selengkapnya

28 Maret 2019

Amman Mineral Raih Penghargaan Emas PR Indonesia Awards 2019

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) meraih penghargaan Emas untuk kategori Tanggungjawab Sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) subkategori Community Development dan Sustainability dalam ajang Public Relation Indonesia Awards (PRIA) 2019 di Bandung, pada Kamis (28/3). Penghargaan diterima oleh Anita Avianty, Head of Corporate Communications Manager Amman Mineral yang diserahkan oleh Magdalena Wenas, Juri PR Indonesia Award dan disaksikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Selengkapnya

12 Maret 2019

Mahasiswa Program Doktoral Universitas Tasmania, Australia Mengunjungi Tambang Amman Mineral

Wudi Raharjo, GMO dan KTT Amman Mineral saat menerima kunjungan mahasiwa mengatakan, “Saya merasa senang menerima kunjungan para mahasiswa dari Universitas Tasmania, Australia di tambang Batu Hijau dan berharap kegiatan ini dapat membantu memperluas wawasan serta menambah pengetahuan para mahasiswa tentang proses eksplorasi dan operasi tambang. Kegiatan ini juga menjadi salah satu motivasi kami untuk dapat terus menerapkan praktik-praktik pertambangan yang baik dan benar serta bertanggung jawab.”

Selengkapnya

26 Februari 2019

Amman Mineral Kembangkan Budidaya Madu Trigona di Areal Reklamasi Tambang Batu Hijau

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) mengembangkan budidaya madu dari lebah jenis Trigona SP di areal reklamasi bekas lahan tambang Batu Hijau, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Budidaya madu Trigona ini selain bertujuan untuk menjadi salah satu indikator keberhasilan program reklamasi yang dijalankan, sekaligus untuk mendorong masyarakat dalam mengembangkan serta membudidayakan lebah Trigona sebagai alternatif solusi yang dapat menggerakkan perekonomian masyarakat setempat di sekitar area pertambangan.

Selengkapnya

31 Januari 2019

Amman Mineral Menggelar Kampanye K3 dalam Rangkaian Peringatan Bulan K3 Nasional

Memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2019, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (”Amman Mineral”) menyelenggarakan Kampanye Bulan K3 yang berlangsung mulai 15 Januari – 14 Februari 2019 dan akan diikuti oleh seluruh karyawan Amman Mineral, Aliansi dan Mitra Bisnis di tambang Batu Hijau, Sumbawa Barat.

Rangkaian Kampanye Bulan K3 diisi dengan berbagai kegiatan, diawali dengan Upacara Pembukaan yang dipimpin langsung oleh Muhammad Agus Patria, Kadisnakertrans Propinsi Nusa Tenggara Barat. Kampanye Bulan K3 diisi dengan serangkaian kegiatan antara lain, Seminar K3, Pelatihan First Aid & CPR (Cardio Pulmonary Resuscitation) untuk masyarakat di lingkar tambang, Lomba Pembuatan Job Hazard Analysis, Aksi Donor Darah, Lomba Jalan Sehat, Program Clean up Day, Pelatihan Pengelolaan Sampah, Diskusi Gaya Hidup Sehat, Lomba Lari 5K, Amman Mineral ”Goes to Campus” yang membawa topik Keselamatan, Lomba Foto K3, Kompetisi Berhenti Merokok untuk karyawan Amman Mineral, Aliansi dan Mitra Kerja, Pameran K3, Bazaar dan Food Festival.

Selengkapnya

12 Januari 2019

Amman Mineral Melakukan Pelepasan Ratusan Tukik Penyu Hijau

Karyawan Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) melakukan pelepasan ratusan Tukik Penyu Hijau (Chelonia Mydas) di pantai Tropical Sekongkang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat pada 12 Januari 2019 lalu. Kegiatan ini merupakan salah satu inisiatif perusahaan dalam upaya melestarikan hewan langka yang dilakukan secara bersama –sama dengan masyakarat setempat. Sejak 2005, lebih dari 47.400 ekor tukik telah dilepaskan ke habitat aslinya

Selengkapnya

16 November 2018

Amman Mineral Fokuskan Kegiatan Tanggung Jawab Sosial untuk Penciptaan Kemandirian Ekonomi Berkelanjutan

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) sejak dua tahun telah memperkenalkan pola pendekatan program Tanggung Jawab Sosial (CSR) dari filantropi yang hanya berfokus pada donasi dan voluntir menjadi program penciptaan manfaat bersama atau creating shared value (CSV). Inovasi ini bertujuan untuk membantu membangun ekonomi lokal menuju masyarakat yang memiliki kemandirian ekonomi secara berkelanjutan. Program dilaksanakan melalui berbagai kegiatan pengembangan kewirausahaan berbasis potensi lokal dan pemberdayaan masyarakat.

Selengkapnya

16 November 2018

Amman Mineral Berhasil Reklamasi 690,83 Hektar Lahan Bekas Tambang

Bersamaan dengan operasi penambangan, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) telah melakukan reklamasi di lahan-lahan yang dibuka untuk area penambangan Batu Hijau dan fasilitas pendukung lainnya. Reklamasi ini dilakukan sesegera mungkin pada lahan-lahan yang telah selesai digunakan untuk mencegah erosi dan mempertahankan kestabilan struktur lereng, serta membentuk kembali struktur dan keanekaragaman vegetasi yang sama seperti sebelum penambangan sesuai dengan peruntukan akhirnya, dan jika memungkinkan, mendukung pembentukan spesies tanaman tertentu yang berperan penting dalam pengembalian habitat satwa liar.

Selengkapnya

15 November 2018

Amman Mineral ‘Goes to Campus’ Hadir di Kampus Universitas Teknologi Sumbawa

Memperingati HUT ke-2, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) menggelar “Amman Mineral Goes to Campus” di Kampus Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Olat Maras, Moyo Hulu, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan berupa kuliah umum dengan tema “Public Relation Jaman Now” ini diselenggarakan bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UTS.

Selengkapnya

13 November 2018

Ratusan Karyawan Amman Mineral dan Aliansi Mitra Kerja Antusias Mengikuti Kegiatan Donor Darah

Sebagai wujud kepedulian kepada sesama, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) dan Aliansi Mitra Kerja bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumbawa menyelenggarakan Kegiatan Donor Darah di Klinik Buin Batu, Townsite Tambang Batu Hijau, Sumbawa Barat, NTB. Kegiatan yang diadakan sebagai rangkaian kegiatan HUT Amman Mineral Ke-2 dan Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54 ini diikuti dengan antusias oleh ratusan karyawan Amman Mineral, keluarga, juga para karyawan dari Aliansi Mitra Kerja.

Selengkapnya

18 Oktober 2018

Amman Mineral Menyelenggarakan Tes Penelusuran Bakat untuk Calon Karyawan Non-Skill

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) dan Aliansi Mitra Kerja menyelenggarakan Ujian Penelusuran Bakat untuk 314 orang calon karyawan non-skill PT MacMahon Indonesia dan perusahaan di bawah afiliasi Amman Mineral. Sebelumnya para peserta tes ini telah dinyatakan lulus seleksi Tim Bersama dan tes kesehatan. Tes Penelusuran Bakat ini diselenggarakan dalam periode 14 - 19 Oktober 2018 di tambang Batu Hijau.

Selengkapnya

7 Oktober 2018

Amman Mineral Nusa Tenggara Mengirimkan Tim Tanggap Darurat Bencana ke Palu

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) dan Aliansi Mitra Kerja mengirimkan Tim Tanggap Darurat Bencana pada 2 Oktober lalu, untuk membantu para korban musibah gempa bumi di wilayah kabupaten Donggala dan Palu pasca gempa berkekuatan 7,4 magnitudo yang diikuti oleh gelombang tsunami melanda wilayah tersebut pada Jumat (28/9). Tim Tanggap Darurat Amman Mineral terlibat dalam kegiatan pencarian dan evakuasi korban serta bantuan layanan kesehatan

Selengkapnya

7 Oktober 2018

Amman Mineral Mengembangkan Wisata Pantai Jelenga untuk Memulihkan Industri Pariwisata Sumbawa Barat Pasca Gempa

Pasca gempa bumi berkekuatan 7 magnitudo yang mengguncang beberapa wilayah di Nusa Tenggara Barat, seperti Lombok, Sumbawa Barat dan Sumbawa, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) bekerja sama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alam Asri Desa Jelenga mengembangkan Obyek Wisata Pantai Jelenga yang berada di Desa Jelenga, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB sebagai tempat wisata yang nyaman untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Pengembangan obyek wisata ini dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas dan pelayanan penunjang wisata di Pantai Jelenga yang akan meningkatkan daya tarik bagi wisatawan.

Selengkapnya

30 Agustus 2018

Amman Mineral Nusa Tenggara dan Aliansi Mitra Kerja Menyalurkan Bantuan untuk Korban Gempa di Sumbawa Barat

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) dan Aliansi Mitra Kerja secara simbolis menyerahkan bantuan untuk para korban bencana gempa bumi di wilayah Sumbawa Barat pasca gempa berkekuatan 6,9 magnitudo mengguncang Nusa Tenggara Barat pada Minggu (19/8). Total nilai bantuan Rp 1,1 Milyar yang telah dan akan diberikan dalam bentuk barang serta perlengkapan yang dibutuhkan masyarakat Sumbawa Barat pasca bencana ini diserahkan oleh Sr. Manager Social Responsibility Amman Mineral, Syarafuddin Jarot dan diterima langsung oleh Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M. Menteri Sosial RI, Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si yang sedang melakukan kunjungan kerja di Provinsi Nusa Tenggara Barat juga berkesempatan untuk menyaksikan penyerahan bantuan tersebut.

Selengkapnya

13 Juli 2018

Pelatihan Bela Negara Ribuan Karyawan Amman Mineral dan Aliansi oleh Korem 162 Wira Bhakti NTB

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) bekerja sama dengan Korem 162 Wira Bhakti NTB menyelenggarakan Pendidikan dan pelatihan (diklat) Bela Negara bagi sekitar 1000 karyawannya dan aliansi yang diselenggarakan oleh Korem 162 Wira Bhakti di Mataram.

Pelatihan yang diikuti oleh sekitar 1000 karyawan ini dibagi dalam beberapa angkatan. Diklat Angkatan 1 dan 2 telah telah selesai dilaksanakan mulai 30 April - 5 Juni 2018 dengan masing - masing durasi 10 hari, sementara diklat Angkatan 3 mulai berlangsung, 10 Juli 2018 hingga 10 hari kedepan. Hingga saat ini, sebanyak 100 orang karyawan telah selesai mengikuti pelatihan.

Selengkapnya

22 Juni 2018

Memaknai Idul Fitri dalam Kebersamaan

Presiden Direktur PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”), Rachmat Makkasau melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri bersama karyawan dan keluarga besar Amman Mineral di Masjid Miftahul Jannah Townsite, Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat pada Jumat (15/6/2018). Setelah sholat Idul Fitri acara dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan halal bi halal bersama para karyawan dan keluarga karyawan beserta masyarakat sekitar tambang Batu Hijau.

Selengkapnya

22 Juni 2018

Amman Mineral dan LIPI Kembali Lakukan Penelitian Laut Dalam

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan dan Penelitian Indonesia (LIPI) Jakarta kembali melakukan penelitian lingkungan laut dalam (Deep Sea Survey) di selatan Sumbawa Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai wujud ekomitmen berkelanjutan perusahaan untuk menerapkan standar tinggi dalam pengelolaan lingkungan.

Selengkapnya

30 Mei 2018

Amman Mineral Memenangkan Duty of Care Awards 2018

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”), perusahaan tambang nasional yang mengoperasikan tambang Batu Hijau di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, hari ini mengumumkan keberhasilan perusahaan menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang berhasil meraih penghargaan di Duty of Care Awards 2018 yang tahun ini diselenggarakan di Chicago, Amerika Serikat (17/5). Di ajang penghargaan prestisius yang diikuti oleh perusahaan global dari 59 sektor industri di 42 negara ini Amman Mineral berhasil mendapatkan Special Mention Award untuk kategori Remote Health Care.

Selengkapnya

23 April 2018

Amman Mineral Masuk Nominasi 2018 Duty of Care Awards

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”), perusahaan tambang nasional yang mengoperasikan tambang Batu Hijau di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, berhasil masuk dalam nominasi penerima penghargaan Duty of Care Award 2018 untuk kategori Remote Health Care. Pengumuman disampaikan oleh International SOS Foundation sebagai penyelenggara Duty of Care Awards 2018 melalui situs resmi https://www.dutyofcareawards.org/shortlist. Ajang penghargaan global Duty of Care Awards tahun ini diikuti oleh perusahaan dari 59 sektor industri di 42 negara.

Selengkapnya

18 April 2018

Kunjungan Kerja Komisi VII - DPR RI ke Tambang Batu Hijau

Gus Irawan Pasaribu, Ketua Komisi VII DPR RI didampingi Rachmat Makkasau, Presiden Direktur Amman Mineral Nusa Tenggara dan H.W.Musyafirin, Bupati Kabupaten Sumbawa Barat saat berdiskusi di sela kunjungan kerja ke tambang Batu Hijau di Sumbawa Barat untuk melihat kegiatan operasi dan kemajuan pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian konsentrat (smelter).

Selengkapnya

8 Maret 2018

Petani Binaan AMNT Lakukan Panen Raya dan Ekspor Perdana Rumput Laut

Hari ini 45 petani rumput laut binaan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) melakukan panen raya sekaligus ekspor perdana ke Tiongkok. Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr. Ir. Musyafirin, MM. turut hadir dalam kegiatan panen raya tersebut dan secara resmi melepas ekspor perdana rumput laut yang dipusatkan di Desa Sagena, Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Nusa Tenggara Barat.

Panen raya rumput laut mencakup tiga lokasi di KSB yaitu Desa Sagena, Desa Labu Beru dan Desa Kertasari. Total rumput laut yang dipanen mencapai 70 ton basah dan akan mengekspor sejumlah 15 ton kering dimana sebesar tujuh ton rumput laut diantaranya kontribusi para petani binaan AMNT.

Selengkapnya

28 Desember 2017

Langkah Maju Fasilitas Pengolahan dan Pemurnian Tembaga PT AMIN

Rencana pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian tembaga PT Amman Mineral Industri (PTAMIN) yang merupakan afiliasi PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PTAMNT) akan dapat segera terwujud setelah pembahasan penilaian dokumen Andal (Analisis Dampak Lingkungan) dan RKL/RPL (Rencana Kelola Lingkungan/Rencana Pemantauan Lingkungan (RKL/RPL) yang dilaksanakan hari ini (28/12) disetujui oleh Tim Komisi Penilaian Amdal (KPA) Provinsi NTB.

Pembahasan penilaian dokumen dilakukan dalam rapat gabungan Tim Teknis dan tim Komisi Penilai AMDAL (KPA) NTB serta pemangku kepentingan lainnya dan masyarakat di sekitar lokasi proyek. Penilaian dokumen oleh tim tersebut untuk memastikan kajian dampak lingkungan maupun sosial telah dilakukan secara menyeluruh dan sesuai dengan peraturan yang ada, serta semua dokumen yang diserahkan telah memenuhi persyaratan yang diamanatkan oleh undang-undang.

Selengkapnya

24 Februari 2017

PTAMNT Mendapatkan Perpanjangan Izin Ekspor Konsentrat

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) telah mendapatkan perpanjangan izin ekspor dari Pemerintah. Rekomendasi ekspor sebelumnya dikeluarkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada tanggal 17 Februari 2017 dan kemudian Kementerian Perdagangan mengeluarkan izin ekspor konsentrat tembaga dengan jumlah ekspor sebesar 675.000 WMT.

Selengkapnya